Informasi Sekolah
Rabu, 30 Nov 2022
  • Selamat Datang di Website Resmi UPT SMP Negeri 11 Gresik (Ex: SMP Negeri 1 Dukun-Gresik)

DEKLARASI ANTI PERUNDUNGAN

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan / Pendidikan

Gresik- Berlatar belakang catatan kejadian, pelaporan dan penanganan kasus perundungan/bully yang dilakukan oleh siswa baik di dunia nyata ataupun maya, dilakukan secara verbal maupun non verbal, layanan Bimbingan dan Konseling di UPT SMP Negeri 11 Gresik mencatat semakin meningkat kejadiaannya.

Bapak Sunikan, S.Kom, M.Pd (Kepala UPT SMPN 11 Gresik) saat memberikan sambutan dan materi anti perundungan

Untuk mengurangi aktivitas perundungan dikalangan siswa, sabtu, 09 September 2022 sekolah melakukan berbagai upaya disamping memberikan pemahaman melalui pembelajaran dan layanan konseling juga melakukan aksi nyata yakni “Deklarasi Anti Perundungan”.

Deklarasi ini berkonsep “Outdoor Learning” (odol) yakni pendekatan belajar sambil bermain dilaksanakan di luar kelas. Konsep odol dengan pendekatan belajar sambil bermain ini sejalan dengan salah satu pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) yakni bermain merupakan kodrat anak.

Dalam hal ini pendidik harus memahami bahwa kodrat anak adalah bermain sehingga pembelajaran bisa diintegrasikan dengan bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain.

Melalui kegiatan aksi nyata Deklarasi Anti Perundungan dengan konsep odol, diharapkan siswa dan seluruh warga sekolah memahami bahwa belajar itu asyik jika tidak saling mengusik.

Agar keadaan atau situasi yang tidak nyaman segera berlalu maka sekolah itu haruslah menjadi tempat yang ramah, suasana belajar akan menyenangkan apabila dipenuhi dengan cinta dan persahabatan.

Acara diakhiri dengan pelepasan balon oleh Bapak Sunikan, S.Kom. (Kepala sekolah UPT SMPN 11 Gresik) didampingi AKP Ilyas dari Polsek Dukun sebagai simbul komitmen melepaskan semua tindak kekerasan di UPT SMPN 11 Gresik.

Selanjutnya seluruh warga sekolah membubuhkan tanda tangan masal diatas kain putih untuk dipajang di pintu gerbang sekolah sebagai tanda pengingat bahwa pencegahan perundungan dibutuhkan komitmen bersama untuk saling mengingatkan.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar